Tips Penyakit Amandel

Tips Penyakit Amandel

Amandel biasa disebut masyarakat pada umumnya, di dalam dunia kedokteran desebut tonsil palatine. Pada dasarnya, setiap orang mempunyai amandel, yang fungsinya sebagai salah satu dari sistem pertahanan tubuh terhadap serangan virus, bakteri, ataupun jamur yang masuk ke tubuh manusia.

Pada saaat amandel bereaksi terhadap serangan virus, bakteri, ataupun jamur, amandel dapat mengalami peradangan dan atau pembesaran. Anak yang terserang perdangan amandel memiliki gejala antara lain setiap dua atau tiga bulan sekali terkena sakit panas.

Yang lain adalah kalau tidur ngorok, ini tidak wajar terjadi pada anak-anak. Biasanya anak-anak tidak ngorok, karena memang bagian pernapasan masih bagus.

Ngorok bisa terjadi, karena adanya peradangan, kemudian kesulitan bernapas saat tidur. Hal ini menjadikan suplai oksigen ke otak kurang, sehingga anak sering mengalami mimpi buruk. Terbangun tengah malam dan menangis.

Untuk mengatasi penyakit amandel dengan ramuan tradisional, Anda bisa menggunakan resep sebatang kunyit (cucurma domestica). Kupas, cuci bersih lalu parut. Beri sedikit air matang. Peras lalu tambahkan satu sendok the madu. Minum ramuan ini setiap hari. Ulangi sampai radang amandel hilang.

Selain itu bisa menggunkan ramuan dari temulawak sekitar 0,25 – 0,5 g temulawak kering sehari atau sekitar 1 – 2 rimpang segar dengan air secukupnya jangan terlalu pekat agar tidak berasa getir dan anak mau meminumnya, kemudian tambahkanlah madu agar berasa enak, minumkan segelas setiap hari.

Ramuan lain yang bisa digunakan adalah air perasan buah mengkudu ( Morinda Citrifolia ) 3 sendok makan, air perasaan kunyit (1 sendok makan), madu murni (1 sendok makan) dan air matang (3 sendok makan).

Semua bahan diaduk rata, kemudian ambil 3 sendok makan campuran tadi dan campur dengan ½ gelas air matang dan aduk. Ramuan ini dapat diminum sampai 3 kali sehari.

Yang harus diperhatikan, ramuan tradisional yang dibuat tanpa perebusan sebaiknya langsung dikonsumsi dan tidak boleh disimpan.

Sebaiknya hindari minuman dingin, cokelat dan goreng-gorengan. Sedang untuk mendiagnosa seberapa bahayanya penyakit amandel yang diderita oleh Anda, sebaiknya lansung berkonsultasi dengan dokter karena dokterlah yang berwenang untuk memutuskan apakah perlu dioperasi atau tidak.

Comments :

8 komentar to “Tips Penyakit Amandel”
setyawan mengatakan...
on 

owh bgitu toh
suwon

syifa herbal nusantara mengatakan...
on 

Jadi benar kalau anak kecil dilarang minum es nanti bisa sebabkan amandel???benar apa tidak??mohon penjelasannya

Obat Herbal Amandel mengatakan...
on 

informasi yang bermanfaat ,sekarang ada pengobatan untuk penyakit amandel dengan Ace Max's

obat herbal XAMthoneplus mengatakan...
on 

ough begitu iia .. terimakasih ,informasinya bermanfaat sekali .. :))

Obat Herbal Albino mengatakan...
on 

terimakasih informasinya ..

obat herbal disfungsi seksual mengatakan...
on 

bagus sekali ,, terimakasih untuk informasinya ini sangat bermanfaat sekali ..

obat herbal rematik jantung mengatakan...
on 

oh jadi begittu iia .. terimakasih sangat bermanfaat sekali ..

Anonim mengatakan...
on 

Aku harusnya operasi amandel,tp malamnya aku mkn ikan pake bumbu kunyit, dan ga nympe 1hari,,amandel ku pun hilang

Posting Komentar