Bumbu Dapur Berkhasiat Tinggi

Bumbu Dapur Berkhasiat Tinggi

Beberapa bumbu dapur sejak zaman kuno digunakan sebagai obat. Kini, hasil penelitian ilmiah membuktikan khasiatnya. Sebuah riset USDA mengungkapkan, oregano yang banyak digunakan sebagai bumbu dalam hidangan Italia mengandung antiosidan pembasmi kanker 30 kali lebih banyak dibanding blueberry. Berikut ini adalah bumbu dapur yang berkhasiat tinggi antara lain sebagai berikut:




1. Rosemary : Mencegah carcinogen acrylamide

Menambahkan bumbu dapur dengan daun seperti jarum ini pada hidangan kaya karbohidrat seperti biskuit, roti, dapat menurunkan kadar carcinogen acrylamide terbentuk setiap kali makanan bertepung dipanaskan pada temperatur tinggi.





2. Basil : Mencegah tumor

Makan ½ sendok teh basil, 4 kali seminggu dapat menghambat pertumbuhan tumor baru. Daun yang mengandung antioksidan ini meningkatkan produksi sel-sel imun yang menghancurkan sel-sel prakanker.

Senang kerang dan mussels? Sebuah studi terkini menemukan basil menghancurkan paling sedikit 80% okaidaic acid, sejenis tosin keras yang dikaitkan dengan kanker dan kadang ditemukan pada kerang.




3. Bawang Putih : menguatkan sistem imun

Bawang putih kaya ingredien alamiah seperti selenium, sulfur, dan quercetin yang menguatkan sistem imun dan membantu menghancurkan sel-sel abnormal. Tak heran jika sejumlah banyak studi menegaskan, makan 1 siung bawang putih segar setiap hari menurunkan risiko kanker perut, kolon, kandung kemih sampai paling sedikit 30%, ditambah menghancurkan lebih dari 98% sel-sel kanker payudara yang kontak pada uji laboratorium.



4. Kunyit : Membantu detoksifikasi

Menambahkan ¼ sendok teh kunyit ke dalam diet dapat membantu liver metabolisme dan mengeluarkan 3 kali lebih banyak carsinogens, ditambah dengan mencegah inflamasi, menurunkan risiko kanker sampai 68%. Kunyit juga bekerja sangat baik ketika dimasak dengan merica hitam, karena meningkatkan absorpsi ingredien aktif kunyit : curcumin



Makanan Top Pencegah Kanker

Riset USDA baru-baru ini mengukur kadar antioksidan, senyawa-senyawa yang membantu mencegah kerusakan DNA yang dapat mencetus kanker pada 277 makanan biasa. Kadar antioksidan paling tinggi ditemukan pada:

1. Kacang merah kecil

2. Blueberry liar

3. Kacang merah

4. Kacang Pinto

5. Blueberry yang ditanam

6. Cranberry

7. Artichokes

8. Blackberry

9. Prune

10. Raspberry

11. Stroberi

12. Apel Red Delicious

Comments :

0 komentar to “Bumbu Dapur Berkhasiat Tinggi”

Posting Komentar