Tips Hepatitis B

Tips Hepatitis B

Dalam hal ini saya akan menerangkan tentang penyakit ini Penyebab hepatitis B bisa virus atau bakteri. Untuk hepatitis B penyebabnya adalah virus yang dikenal dengan nama hepatitis B. Virus ini termasuk virus ganas karena pada mereka yang terserang virus ini tidak semuanya sembuh sempurna, bahkan ada yang melanjut menjadi kanker hati. Makin muda usia terkena, makin berat penyakit di kemudian harinya. Oleh karena itu vaksinasi terhadap virus ini amat sangat dianjurkan.

Virus hepatitis B paling suka di darah, sehingga penularan terjadi bila seseorang kontak dengan darah pengidap penyakit ini. Kadang – kadang darah tersebut demikian sedikit sehingga seakan – akan tidak ada. Contonya yang paling sering adalah penggunaan alat – alat kecil yang dapat mengakibatkan seseorang berdarah, misalnya alat – alat kosmetik tajam yang dipakai bersama (gunting, penekan jerawat, peniti).

Penggunaan alat suntik bersama besar peranannya dalam rantai penularan, ini sering terjadi pada mereka yang terlibat dengan penggunaan narkoba suntikan. Penggunaan alat makan bersama tidak menularkan penyakit hepatitis B, kecuali bila mana terjadi pendarahan pada yang menggunakan alat itu (gusi berdarah tertusuk garpu, misalnya) yang kemudian alat makan tersebut dipakai orang lain dan juga melukainya.Rasanya penggunaan alat makan bersama (piring, gelas, sendok, garpu, pisau) bukan etiket yang baik.

Pengobatan hepatitis B termasuk sulit. Sekarang sudah ada beberapa obat yang dapat melawan virus ini, tetapi harganya amat mahal dan diberikan dalam bentuk suntikan, efek sampingnya pun hebat juga. Biasanya disuntikkan di rumah sakit.

Kalau penyakit sudah melanjut menjadi kronik atau kanker (misalnya pada anak remaja atau dewasa) lebih sulit lagi pengobatannya. Jadi sebelum anak kena hepatitis B lebih baik ditangkal dengan imunisasi saja. Biasanya imunisasi diberikan mulai bayi, bahkan segera setelah lahir. Pemberian tiga kali berturut – turut dianggap telah menimbulkan kekebalan yang cukup. Kalau masih ragu apakah kadar kekebalan telah tercapai, maka dengan memeriksa titer anti HBs dapat diketahui apakah seseorang cukup kebal ataukah tidak terhadap Hepaptitis B.

Comments :

1
cara konsumsi jelly gamat gold g untuk hepatitis mengatakan...
on 

Jadi yang paling efektif itu memang melalui injeksi ya? lalu bagaimana dengan pengobatan hebal, apakah bisa di andalkan?

Posting Komentar