Tips Untuk Luka Bakar

Tips Luka Bakar


Luka bakar sering juga terjadi di rumah, mulai dari terkena api, air panas, setrika, minyak panas dan sebagainya.

Hal pertama yang harus dilakukan, segera dinginkan luka. Caranya siram bagian yang terkena panas tadi dengan air suhu normal sebanyak – banyaknya. Air yang digunakan harus air bersih. lebih baik air mineral , karena lebih higienis.

Jangan diberi air es, karena penyebab luka biasanya masih menempel pada kulit, seperti air atau minyak yang panas. Dengan menyiramkan air bersih sebanyak – banyaknya, penyebab luka tadi akan lepas dari kulit, sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal.

Ada anggapan jika disiram air, luka akan menggelembung dan meninggalkan bekas. Justru itu pertanda bagus, karena penggelembungan kulit berarti bagian kulit yang paling luar sudah beraksi untuk melindungi bagian kulit yang dalam.

Luka yang menggelembung bisa di obati di rumah sakit. Segera tutup luka dengan kain bersih atau lebih baik lagi dengan kasa steril, dan bawa ke rumah sakit. Jika tidak ada air bersih, luka bakarnya kecil, dan di depan Anda ada mentega, Anda boleh mengoleskannya ke luka bakar tersebut.

Mentega jika terkena panas akan mencair. Proses pencairan itu menarik panas dari kulit. Namun, jika luka bakarnya terlalu beasr, paling baik gunakan air bersih karena langsung mendinginkan lukanya.

Comments :

0 komentar to “Tips Untuk Luka Bakar”

Posting Komentar