Cara Untuk Mendapatkan Tidur yang Baik


Cara Untuk mendapatkan Tidur yang Baik

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai ganguan kesehatan. Mulai dari tekanan darah tinggi sampai kelebihan berat badan. Berikut, kiat mendapatkan tidur yang baik.

1. Setel Ulang Jam Tubuh

Tubuh kita tahu saatnya tidur dari temperatur tubuh yang turun secara alamiah, yang lalu menyebabkan peningkatan melantonin, sejenis hormon yang memicu rasa kantuk. Jadi, salah satu cara paling pasti untuk mengatasi insomnia adalah meniru sinyal tidur. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mandi air hangat karena ketika keluar dari kamar mandi, udara yang lebih dingin di dalam ruangan akan membuat temperatur tubuh turun dan melantonin meningkat. Jelas Debra L. Gordon dalam buku Seven Days to a Perfect Nights Sleep.

Satu jam sebelum tidur, beri waktu kepada tubuh untuk mendinginkan diri. Misalnya dengan berendam 15 menit. Jaga temperatur kamar tidur dingin. Menurut National Sleep Foundation, mengatur thermostat rendah menciptakan iklim perfek unutuk tidur, memastikan Anda berlayar ke pulau mimpi.

Jaga kaki panas. Sebuah studi dalam Journal of Nature mengungkapkan, menjaga kaki tebal dengan mengenakan sepasang kaus kaki tebal sebelum tidur berefek sedatif pada otak.

2. Gelapkan Ruangan

Hanya sedikit cahaya saja , seperti kilau dari jam alarm, lampu tidur atau lampu jalanan, dapat mempengaruhi hormon di dalam otak yang lalu membuat Anda merasa segar ketimbang lelah. Hanya dengan menutup mata saja tidak jalan karena cahaya melewati kelopak mata ke retina, jelas Amy Wolfson, PhD., dalam buku The Woman’s Book of Sleep: A Complete Resouce Guide

Caranya tidur dengan masker yang menutupi cahaya. Riset Journal of the Nation Cancer Institute menunjukkan, tidur dalam ruang yang gelap total dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Temaramkan lampu sekitar 1 jam sebelum tidur untuk menciptakan nuansa senja. Trik yang digunakan klinik tidur ini mensinyalkan jam tubuh bahwa segera akan tiba saatnya tidur.

3. Rileks Dengan Penapasan Dalam

Para ahli havard baru-baru ini menemukan, pernapasan dalam membantu insomniak tidur lebih pulas dan lebih lama. Latihan pernapasan seperti yang dilakukan dalam yoga dan meditasi menurunkan kadar cortisol. Orang-orang yang tak bisa tidur sering punya kadar hormon stres tinggi, yang lalu meningkatkan denyut dan tekanan darah, membuat Anda melek terus ketika Anda ingin tidur.

Sesudah baring di ranjang, tarik napas dalam sampai Anda merasa seluruh perut mengembang. Lalu hembusan sepelan mungkin, sampai perut rileks penuh. Usahakan 4 sampai 6 hembusan per menit dan terus lakukan selama 15 menit.

Studi-studi menunjukkan, pernapasan dalam juga mengurangi frekuensi gejolak panas, meredakan sakit kronik dan bahkan membantu dengan simptom PMS, seperti kram dan sakit kepala


Comments :

0 komentar to “Cara Untuk Mendapatkan Tidur yang Baik”

Posting Komentar